Suku Bangsa di Skandinavia: Spirit dan Filosofi “Viking” Persib Club

Totalitas harus dibalas totalitas. Kira-kira begitulah prinsip terbentuknya komunitas Viking Persib Club (VPC). VPC dibentuk untuk mengimbangi totalitas dan prestasi Persib Bandung pada era 90-an. Tak hanya itu, VPC juga dibentuk dengan tujuan mewadahi seluruh rasa cinta bobotoh kepada Maung Bandung.

Sebelum VPC lahir pada tahun 1993, beberapa pentolan dari suporter Persib Bandung melakukan banyak pertemuan. Pionir-pionir tersebut di antaranya adalah Ayi Beutik, Heru Joko, Teddy Ekek, dan Hendra Bule. Di belakang nama-nama itu pun banyak bobotoh yang memiliki satu kesamaan: rasa cinta kepada Persib Bandung.

Menyatukan banyak pikiran untuk satu tujuan tentu tidaklah mudah. Pertemuan-pertemuan yang dihelat di Jl. Kancra itu tidak selalu berjalan mulus. Beberapa perdebatan ketat terjadi di antara pentolan bobotoh itu. Salah satu perdebatan paling sengit adalah penentuan nama.

Perihal pemilihan nama tentu tidak boleh sembarangan. Nama yang dipilih harus mencerminkan seluruh watak dan karakter bobotoh Persib Bandung. Tak hanya itu, pemilihan nama pun harus enak dilihat dan didengar. Nama yang baik adalah nama yang bisa memberikan kesan yang mendalam.

Di pertemuan terakhir, Ayi Beutik akhirnya mengusulkan “viking” untuk dijadikan nama komunitas bobotoh terbesar itu. Dalam benak Ayi saat itu, viking adalah sosok prajurit yang pemberani, pantang menyerah, tidak takut mati, dan ada di mana-mana. Ayi menilai karakter viking tersebut akan sesuai dengan karakter bobotoh.

Sesungguhnya Viking adalah sebutan untuk suku bangsa yang mendiami kawasan Skandinavia di Eropa Utara. Mereka menjelajahi wilayah Eropa melalui laut pada akhir abad ke-8. Suku bangsa tersebut memiliki karakter yang keras, gigih, solid, militan, patriotis, berani, tak kenal menyerah, dan berjiwa penakluk serta senang berpetualang. 

Selaras dengan karakter viking di kehidupan nyata, bobotoh pun memiliki karakter yang sama dalam mendukun Persib Bandung. Bobotoh harus solid, militan, dan tak kenal menyerah dalam mendukung Persib Bandung. Seumpama bangsa penjelajah viking, bobotoh pun harus berani menjelajahi ke mana pun Persib Bandung bertandang.

Tujuannya hanya satu: menabuh tambur dan menyanyikan lagu perjuangan untuk Persib Bandung.