My Trip My Silaturahmi: Profil Viking Distrik Garut

vikingpersib.net—Satu momen paling berharga bagi anggota Viking Distrik Garut (VIDIGAR) adalah peresmian VIDIGAR, 10 Juni 2007 silam. Acara peresmian itu tak hanya dihadiri oleh distrik Viking se-Jabar, tetapi seluruh punggawa Persib Bandung pun ikut trip ke Kota Dodol itu. Wajar jika hingga saat ini, hari Minggu belasan tahun lalu itu tidak bisa dilupakan semua orang.

Punggawa VIDIGAR memilih Stadion Jayaraga sebagai lokasi kegiatan. Kandang Persigar itu dipilih karena memiliki kapasitas yang bisa menampung hingga 10.000 orang. Selain itu, Stadion Jayaraga pun dipilih karena terdapat fun match Persib Bandung vs Persigar untuk puncak acara. Fun match itu berakhir dengan skor 3-1 untuk Persib Bandung. Hal itu menjadi salah satu kenangan manis bagi VIDIGAR.

Peresmian yang meriah itu merupakan bukti rasa cinta VIDIGAR kepada Persib Bandung. Rasa cinta warga Garut kepada Persib Bandung memang cukup besar, terutama saat melihat perkembangan jumlah anggotanya yang kini mencapai 5000 orang. Jumlah itu akan terus berlipat ganda, karena VIDIGAR tak hanya melulu bicara tentang Persib Bandung saja.

Respect akan mudah didapatkan oleh VIDIGAR, mengingat ada banyak kegiatan sosial yang sudah sering dilakukan. Di masa pandemi Covid-19 ini, VIDIGAR kerap mengadakan bakti sosial. Dalam kegiatan itu ada pembagian sembako dan masker bagi orang-orang yang terdampak. VIDIGAR juga membuat seuran kepada masyarakat agar patuh protokol kesehatan.

Selain itu, VIDIGAR pun memiliki kegiatan usaha merchandise. Sekretariat VIDIGAR tak hanya dijadikan sebagai tempat berkumpul, tetapi menjadi tempat berdagang merchandise. Kini kegiatan usaha tersebut tak hanya dilakukan secara offline, tetapi online pun sudah ada. Peminat merchandise VIDIGAR bisa memesan tanpa harus keluar rumah.

Sejak 2018 hingga kini, VIDIGAR diketuai oleh Abah Dade Herlansyah. Di samping itu, ada juga Gajih sebagai wakil ketua, Sukma sebagai ketua harian, Andi sebagai bendahara, dan Tajiri sebagai panglima. Tak lupa, ada Gugi Akbar, mantan ketua VIDIGAR yang kini menjadi Pembina. Selain Gugi Akbar, ada dua pembina lain yakni Ajat Joy dan Iyan.

Dalam kepengurusan periode ini, Abah Dade mengusung sebuah program bernama My Trip My Silaturahmi. Program ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi antarkorwil di bawah VIDIGAR, serta menjalin silaturahmi antar anggota VIDIGAR. Hal itu juga yang diinginkan oleh anggota VIDIGAR, silaturahmi yang terus terjalin. Program inilah yang membuat VIDIGAR tetap eksis hingga hari ini.