Meramaikan Iklim Sepakbola Cianjur: Profil Viking Underground Cianjur

vikingpersib.net— Mungkin Viking Underground Cianjur (VUC) terdengar garang di telinga kita saat pertama kali mendengarnya. Underground memang erat kaitannya dengan musik cadas. Selain itu, gerakannya kerap melawan arus utama. Sifat-sifat itu melekat ke dalam nama Underground.

C:\Users\user\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\Viking Underground Cianjur.jpg

Kaitan musik cadas dengan VUC sendiri memang sangat erat. VUC berawal dari anak-anak musik Cianjur yang sering nongkrong bareng pada era 1998-2000an. Barudak musik Cianjur itu pun sering bertandang ke Stadion Siliwangi untuk menonton pertandingan Persib Bandung.

Awalnya barudak musik Cianjur belum mengenal Viking Persib Club (VPC). Tetapi setelah ada Fanshop Viking tahun 2003-2005 barulah barudak musik Cianjur mengetahui VPC. Setelah itu 14 mei 2007, VUC didirikan. Dalam peresmian itu turut hadir Ayi Beutik, Izoel, Darco, dan Heru Joko.

Dalam peresmian di Villa Cimacan itu terdapat agenda turnamen futsal, turnamen ps, serta hiburan musik underground. Tahun ini VUC telah berusia 15 tahun. Aktivitasnya selama ini pun memiliki dampak positif bagi masyarakat.

Setiap menggelar acara, VUC selalu menyantuni anak-anak yatim piatu. Selain itu, VUC juga sering menggelar bakti sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Tak hanya itu, pada tahun 2009 VUC sering mengikuti kegiatan turnamen sepak bola lokal. Dalam turnamen itu VUC sering merebut gelar juara, paling minimal masuk final. Prestasi VUC itu didapat karena barudak kerap mengadakan pertandingan futsal dan sepak bola internal. Sehingga barudak VUC sangat terlatih dalam permainan sepak bola.

Sejak itu VUC turut meramaikan iklim sepak bola Cianjur. Hal itu pun dilanggengkan dengan berdirinya Sekolah Sepak Bola (SSB) Viking Soccer School pada tahun 2011. SSB ini masih berdiri hingga saat ini. Pendirian SSB ini mengubah pandangan barudak VUC untuk membuat kegiatan fokus ke sepakbola. 

Saat ini barudak VUC juga membuat Liga Pemuda Desa dan kanal youtube Liga Cianjur TV pada 2013. Liga Pemuda Desa ini bertujuan untuk mempromosikan bakat-bakat sepak bola yang dimiliki pemuda di desa-desa Cianjur. Setiap minggu diadakan beberapa pertandingan yang disiarkan melalui live streaming di youtube.

Klub-klub yang mengikuti Liga Pemuda Desa sendiri didanai oleh desa masing-masing. Sehingga anak-anak yang mengikuti Liga Pemuda Desa tidak perlu mengkhawatirkan akomodasi dan transportasi. Desa menjadi penaung talenta muda sepak bola.

Selain aktivitas yang berkaitan dengan sepak bola, Viking Underground Cianjur pun mendirikan koperasi pada tahun 2016. Di koperasi ini terdapat merchandise seperti jersey, kaos, stiker, dan gantungan kunci yang dikelola seluruhnya oleh barudak VUC.

Baik SSB, Liga Pemuda Desa, dan koperasi, semuanya telah berbadan hukum dan telah terdaftar di Kemenhumkam. Saat ini ketua Viking Underground Cianjur adalah kang Beni. Anggota VUC sendiri sekarang berkisar 500-an anggota.