Menyatukan Seluruh Bobotoh: Profil Viking Distrik Ciwastra

vikingpersib.net—Sebelum terbentuk menjadi distrik, bobotoh di kawasan Ciwastra sudah membludak. Hampir seluruh penggemar sepakbola di sana mencintai Persib Bandung. Semua itu terjadi karena rasa cinta kepada Persib yang digulirkan turun temurun. Sehingga aktivitas mendukung Persib telah menjadi sebuah budaya di Ciwastra.

Budaya mendukung Persib itu terbukti dengan adanya salah satu pendiri Viking Persib Club (VPC) yang tinggal di Ciwastra, Yudi Baduy. Om Baduy sendiri kerap mengajak pengurus inti VPC ke rumahnya. Nama-nama seperti Ayi Beutik, Herru Joko sudah sering ke rumah Om Baduy. Jadi bisa dikatakan kalau eksistensi Viking di Ciwastra sudah ada sejak lama.

Hingga akhirnya pada 17 Agustus 1999, di acara puncak perayaan 17-an di Ciwastra, pengurus inti VPC mengusulkan untuk membentuk Viking Distrik Ciwastra. Saat itu pengurus inti menilai bahwa Viking Ciwastra sudah bisa dibentuk, mengingat banyaknya bobotoh di lingkungan Ciwastra. Viking Ciwastra bisa menjadi wadah bagi bobotoh di kawasan Ciwastra.

Selain Viking, di Ciwastra pun ada satu klub suporter legend lain, yakni Jurig Persib dengan pentolannya saat itu Om Ronie Izoel dan Om Darco. Sejak 1993, Om Izoel sudah memiliki hubungan yang akrab dengan pentolan Viking lainnya. Pada tahun 2003, Om Izoel mengobrol dengan petinggi Viking Ciwastra untuk menyatukan Jurig Persib dan Viking Ciwastra menjadi Viking Jurig Persib.

Akan tetapi di tengah perjalanan, sejarah Viking Jurig Persib sempat vakum. Perjalanan terhenti di tahun 2007. Saat itu pengurus sangat disibukkan oleh pekerjaan, bahkan ada yang bekerja ke luar kota.

Hingga akhirnya pada tahun 2019, pada saat perpindahan roda kepengurusan di VPC, ada obrolan yang terjadi di petinggi VPC agar Viking Ciwastra aktif kembali. Viking Ciwastra pun aktif kembali dengan ketua baru: Panjoels. Saat ini kepengurusan masih berlanjut di bawah Panjoels sebagai ketua, Bondi sebagai sekretaris, Dedi sebagai bendahara, dan Bedhul di bagian umum.

Saat ini Viking Ciwastra sedang sibuk merenovasi bangunan sekretariat. Setelah bangunan sekretariat selesai direnovasi, rencananya Viking Ciwastra akan mengaktifkan kembali kegiatan-kegiatan perekonomian seperti warkop Viking dan distro. Selain itu, lahan di sekretariat Viking Ciwastra pun bisa disewakan kepada pedagang karena posisinya yang strategis.